Tips Masker Rambut yang Benar

Advertisement
Cara Tepat Memasker Rambut | Tips Memasker Rambut yang Tepat: Kebanyakan wanita alias cewek sekarang sering melakukan gaya rambut seperti disasak, di-blow dry, styling foam, pake wax-gel, dll. Tapi terkadang suka lupa melakukan perawatan yang intensif dan tepat. Kamu bisa coba masker rambut karna bisa menjaga rambut Kamu tetap indah.

Melakukan perawatan rambut selain menggunakan shampo dan kondisioner, bisa melakukan Masker Rambut untuk perawatan ekstra. Tapi perlu diperhatiin juga, karna cara memasker rambut yang kurang tepat bisa menimbulkan masalah rambut yang baru.

Cara Tepat Memasker Rambut

Buat kamu yang ingin coba pemaskeran rambut, berikut beberapa teknik dan tips memasker rambut yang tepat yang bisa kamu lakukan di rumah.

#1 Pastikan Rambut Sudah Dicuci
Pastiin rambut Kamu udah dicuci dengan shampo dan dibilas bersih sebelum melakukan masker. Kamu boleh melewatkan pengaplikasian kondisioner agar sel batang rambut gak tertutup, sehingga bisa menyerap lebih banyak nutrisi pada masker rambut.
Sebaiknya gunakan air dingin saat keramas, agar pori-pori kulit dan kutikula terbuka sehingga siap menerima serta menyerap nutrisi di dalam masker.

#2 Pastikan Rambut Setengah Kering
Pastikan juga rambut masih dalam keadaan setengah kering dan lembap, serta peras rambut hingga airnya udah gak menetes.
- Oleskan masker rambut menggunakan jemari, dimulai dari akar rambut secara merata.
- Berikan pijatan lembut pada kulit kepala.
Cara ini akan memperlancar peredaran darah, sehingga proses regenerasi sel kulit kepala pun berjalan lancar.

#3 Perhatikan Tipe Rambut
Kalo jenis rambut Kamu kombinasi, misalnya kulit kepala berminyak tapi rambut cenderung normal ke kering, maka berkonsentrasilah pada bagian batang rambut bukan pada akar. Kalo tipe rambut Kamu kering, bercabang atau kusam, maka oleskan masker rambut ke seluruh akar rambut kemudian dilanjutkan ke batang rambut.

#4 Bungkus Rambut dengan Handuk
Agar proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat, bungkus rambut Kamu dengan handuk yang udah dibasahi air hangat. Panas yang dikeluarkan oleh handuk akan mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut.

#5 Waktu Pemaskeran Rambut
Untuk aplikasi mingguan, diamkan masker antara 3 sampai 5 menit. Untuk jenis masker rambut yang diformulasi untuk merawat rambut rusak atau rambut yang sangat dehidrasi, butuh sekitar 2-3 menit lebih lama untuk didiamkan di rambut, agar nutrisi dalam masker benar-benar terserap hingga lebih mendalam.

#6 Bilas Menggunakan Air Hangat
Saat dibilas, gunakan air hangat. Membilas masker gak seperti membilas shampo dan kondisioner. Masker perlu dibilas dengan seksama dan berulang kali. Mungkin ini sepele, tapi justru hal penting ini yang sering terabaikan.

***
Kalo Kamu merasa rambut terasa lepek usai dimasker, itu merupakan pertanda bahwa pembilasan yang dilakukan gak tuntas.
Cara membilas yang paling tepat adalah dengan mandi shower. Masker yang gak tuntas dibilas dapat meninggalkan residu. Bila menumpuk, akibatnya rambut terasa gatal, atau bahkan bisa memicu munculnya ketombe.

#Tips:
- Idealnya masker rambut diaplikasikan sebulan sekali.
- Tapi sebaiknya lebih rutin diaplikasikan apabila aktivitas Kamu membuat rambut sering mengalami kontak langsung dengan alat catok, hair dryer, klorin di air kolam, air laut, sering terpapar sinar ultraviolet yang berlebihan, dan sering melakukan pewarnaan atau pelurusan maupun pengeritingan rambut.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat melakukan pemaskeran rambut biar berhasil dengan baik. Perhatikan baik-baik cara memasker rambut yang benar diatas yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Disalin Widyadara dari sumber yahoo.com.
Advertisement

Share This:

 
Top