Tips² Menghindari Kesalahan Saat Melamar Kerja

Advertisement
Tips Menghindari Kesalahan Dalam Melamar Pekerjaan: Di jaman sekarang ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Selain kurangnya lowongan kerja, kurangnya pengalaman kerja, sedikit kemungkinan juga buat diterima. Karna banyak faktor yang mempengaruhi diterima atau ditolaknya lamaran kerja kita, jadi mesti melakukan persiapan yang benar saat melamar pekerjaan.

Karna gak jarang para pelamar kerja sering melakukan kesalahan sepele atau kurang mempersiapkan persyaratan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, yang akhirnya lamaran kerja pun ditolak atau gak juga mendapatkan panggilan kerja.

Tips Menghindari Kesalahan Melamar Kerja

Nah, buat para calon pelamar kerja, perhatikan 10 kesalahan yang dilakukan saat melamar kerja berikut:

1.) Jangan Datang Terlambat
Terlambat merupakan alasan utama yang bisa menyebabkan gagal dalam melamar kerja. Karna banyak perusahaan (asing ataupun dalam negeri) yang tidak mentoleransi keterlambatan calon pelamar, khususnya ketika diundang untuk mengikuti serangkaian tes. Untuk mengatasinya, cobalah sehari sebelum tanggal tes melakukan survei perjalanan menuju tempat. Kalo perlu tambahkan setengah jam dari waktu tempuh diperlukan.

2.) Surat-Surat Jangan Sampai Kurang Lengkap
Sebelum berangkat, coba periksa lagi kelengkapan dokumen lamaran kerja nya. Karna ketidaklengkapan dokumen merupakan salah satu kesalahan fatal yang berakibat ditolaknya permohonan kerja. Kalo kamu termasuk orang yang ceroboh, minta bantuan keluarga atau teman untuk memeriksa dokumen yang dibutuhkan.

3.) Jangan Berpakaian Kurang Sopan
"Pandangan Pertama begitu menggoda, selanjutnya Terserah Anda", Mungkin kalimat itu bisa menjadi point Keberhasilan diterimanya lamaran kerja kamu. Penyeleksi biasanya akan mempunyai penilaian tersendiri ketika melihat pelamar kerja saat melakukan wawancara pada pandangan pertama. Karena itu perhatikan pakaian dan penampilan kamu, hindari pemakaian aksesoris yang aneh dan gak biasa.

4.) Rambut Yang Rapi
Selain masalah pakaian, penampilan kamu saat melamar kerja atau saat melakukan wawancara juga mesti diperhatikan. Rambut gondrong atau kepanjangan, kebanyakan kurang atau malah tidak disukai perusahaan. Kecuali profesi yang kamu cari berhubungan dengan hal-hal yang gak membutuhkan kerapian. Jadi, coba perhatikan model rambut kamu biar enak dilihat dan terkesan rapi.

5.) Jangan Salah Tulis atau Sebut Nama
Terkadang ada saja Pimpinan Perusahaan yang akan sakit hati seandainya namanya ditulis atau diucapkan secara keliru (salah). Karna hal ini akan mempengaruhi kewibawaan dan reputasinya. Selain mengecek kelengkapan dokumen, usahakan juga meneliti kembali saat menulis nama orang dalam surat lamaran atau pun menyapa seseorang ditempat wawancara kerja.

6.) Jangan Mencantumkan Referensi Terlalu Banyak
Referensi dalam curriculum vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup memang penting. Tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak mencantumkannya. Karena hal ini akan menimbulkan kesan kalo kamu punya mental suka menonjolkan diri dan gak percaya sama kemampuan sendiri.

7.) Jangan Melebihkan Keterampilan
Umumnya penyeleksi akan lebih jeli akan hal ini. Mereka akan terus meneliti bagian-bagian dalam CV atau Daftar Riwayat Hidup yang dianggap terlalu dibuat-buat. Malahan ada yang mempersiapkan tes praktek langsung untuk menguji kebenaran laporan. Karna itu jangan coba-coba menonjolkan sesuatu yang gak kamu miliki.

8.) Jangan Bicara Berbelit-Belit
Wawancara merupakan saat yang tepat untuk mengungkapkan segala keinginan yang terpatri dalam diri. Pewawancara pasti akan menanyakan semua segi dalam hubungannya dengan isi CV atau Daftar Riwayat Hidup yang kamu kirimkan. Jadi, ketika wawancara kerja, jangan sampai memberi keterangan yang berbelit-belit.

9.) Jangan Meremehkan Hobi
Kalo kamu punya hobi unik yang diperkirakan bisa membantu kreativitas kerja, gak ada salahnya dicantumkan dalam CV. Biasanya pimpinan perusahaan lebih menyukai pekerja yang berbakat dalam bidangnya. Kalo hoby itu merupakan faktor penting dalam posisi yang dilamar, ada baiknya ditulis sesudah perincian pengalaman kerja.

10.) Jangan Meminta Fasilitas
Ada kalanya gaji yang ditawarkan perusahaan sama kamu lebih rendah dari yang kamu harapkan. Tapi jangan coba-coba meminta fasilitas tertentu yang tidak disediakan perusahaan seperti antar-jemput, uang transport, uang makan, dan sejenisnya. Karna kamu akan terkesan arogan atau belum diterima aja udah minta yang berlebihan..

Dan mungkin masih banyak kesalahan atau kelalaian sepele lain nya yang dialami saat melamar kerja dan menjadi gagalnya lamaran kerja. Tapi dengan mengetahui 10 kesalahan saat melamar kerja diatas, kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan dalam melamar kerja.

Mudah-mudahan bisa meminimalisir kesalahan saat kita melamar pekerjaan pada suatu perusahaan yah. Semoga bermanfaat. Disalin Widyadara dari berbagai sumber. Baca juga Tips Magang yang Baik dan Sukses.
Advertisement

Share This:

0 comments:

Posting Komentar

 
Top