*10 Tips² Magang Yang Baik Biar Sukses

Advertisement
Widyadara™ ~ Tips Magang Sukses | Tips Menjadi Karyawan Magang yang Sukses: Menjalani pengalaman magang merupakan sesuatu yang cukup berharga. Karna gak sedikit karyawan yang memulai kariernya dari status magang. Kalo magang dilakukan dengan benar, maka pengetahuan dari magang bisa menjadi aset untuk melamar pekerjaan di kemudian hari.

Tips Magang yang Baik dan Sukses
Ilustrasi "Tips Magang yang Baik dan Sukses" from Google

Buat sobat yang lagi kerja magang atau akan melakukan magang, berikut beberapa cara mendapatkan manfaat magang dan tips menjadi karyawan magang yang baik dan sukses yang bisa kamu lakukan.

*1 Etika Dasar Magang
Hormati dan patuhi peraturan perusahaan tempat kamu magang. Tempatkan diri pada posisi yang tepat. Hormati juga kode etik berpakaian dan pergaulan yang udah terbentuk di perusahaan tersebut.  Dengan bersikap sopan dan menghormati orang lain, kamu akan lebih dihargai. Usahakan tetap fokus sama pekerjaan dan hindari godaan untuk mengirim SMS atau update status. Kalo sering terlihat lagi sibuk dengan ponsel bisa membuat penilaian terhadap kamu kurang baik.

*2 Fokus Sama Pekerjaan
Saat memutuskan untuk menerima tawaran magang di perusahaan sebagai pegawai magang, kamu harus patuh sama peraturan perusahaan. Mungkin sedikit bertentangan dengan kehidupan bebas kamu sebagai mahasiswa, tapi usahakan untuk selalu fokus pada pekerjaan.
Hindari menggunakan komputer kantor untuk hal-hal di luar pekerjaan seperti; membuka Facebook, Twitter, Youtube, Chatting online, belanja online atau mengunduh file-file ilegal. Kalo sampe ketahuan sama supervisor, pastinya penilaian terhadap kamu jadi kurang baik.

*3 Tujuan Magang
Rata-rata tujuan dari magang adalah mencari pengalaman kerja, terutama buat kamu yang masih SMA atau masih kuliah. Mendapat ilmu tambahan untuk kerja sesungguhnya di kemudian hari. Kenali perusahaan mana yang tepat untuk tujuan kamu, untuk meningkatkan kompetensi atau yang bisa memberikan banyak kesempatan belajar. Walaupun gak sedikit yang memilih magang karena berorientasi uang. Tapi perlu diingat pengalaman magang yang berharga gak bisa dibeli dengan uang.

*4 Target Magang
Walaupun mungkin hanya pekerjaan magang, tapi coba pikirin apa yang ingin dan bisa kamu dapatkan dari kerja magang. Kamu harus punya target sesuai keinginan kamu. Karena dengan adanya target tersebut kamu bisa lebih fokus dan lebih meningkatkan kualitas kemampuan yang kamu punya.

*5 Belajar dan Bertanya sama Mentor
Selain membangun hubungan baik dengan supervisor dan pegawai/ staf lainnya. Usahakan mencari orang yang bisa menjadi mentor, memberikan pengalaman, ilmu dan kesempatan belajar sesuai keahlian yang kamu inginkan. Lakukan pendekatan dengan sopan, cari waktu yang tepat dan jangan memaksa atau bersikap terlalu mendesak.

*6 Tetap Bersikap Profesional
Bangun hubungan baik dan kepercayaan secara bertahap. Jaga citra kamu sebagai pribadi. Usahakan untuk tetap menghormati dan menghargai rekan kerja kamu walau mereka sering bersikap santai dan bercanda. Jangan tergoda untuk ikut bergosip atau hal-hal yang bisa merusak reputasi kamu.

*7 Inisiatif Aktif dan Sepenuh Hati
Usahakan tetap sibuk bekerja untuk menghindari godaan membuka situs jejaring sosial. Kalo satu pekerjaan selesai atau ada yang gak kamu mengerti, coba inisiatif menghubungi supervisor untuk diberikan tugas lain atau sekedar bertanya. Usahakan untuk selalu dikenal sebagai anak magang yang aktif. Jangan terbiasa duduk diam dalam waktu yang lama dan jangan sampe kamu mendapat julukan yang kurang baik. Kuncinya adalah inisiatif, aktif, dan sepenuh hati. Lakukan pekerjaan dengan sepenuh hati dan menyelesaikan pekerjaan dengan hasil semaksimal mungkin. Kalo hasil kerja memuaskan, bukan gak mungkin akan terbuka pintu ke kesempatan lain yang lebih besar.

*8 Jangan Menyerah
Yang namanya kerja magang, biasanya kamu dikasih pekerjaan-pekerjaan kecil yang kesannya gak terlalu penting. Tapi kamu jangan mengeluh dan hilang semangat, sambil mengerjakan hal tersebut, pastinya banyak hal yang bisa kamu pelajari. Kerjakan dengan sepenuh hati apa pun yang ditugaskan. Buktikan kemampuan kamu dengan menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

*9 Menjaga Rahasia dan Kepercayaan dari Perusahaan
Biasanya ada beberapa perusahaan yang menangani kasus atau proyek khusus yang sangat rahasia. Kalo kamu dikasih kepercayaan, jangan menceritakan hal tersebut ke teman atau keluarga kamu. Disinilah Reputasi dan kepercayaan kamu sangat dipertaruhkan. Kamu harus menjaga rahasia perusahaan dan hal-hal yang bersifat sensitif di perusahaan ke orang luar.

*10 Menjaga Hubungan dan Kesan yang Baik
Setelah masa magang selesai, kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan tersebut. Mengucapkan terima kasih kepada supervisor dan beberapa staf atau karyawan lainnya yang sering berhubungan sama kamu. Usahain untuk meninggalkan kesan yang baik agar bermanfaat di kemudian hari.

Itulah sedikit Tips Magang yang Baik agar menghasilkan manfaat yang baik juga buat kamu dikemudian hari. Menjalani kerja magang yang sukses dan bermanfaat emang harus dilakukan dengan professional dan sedius. Disalin Tips Widyadara sumber Yahoo.
Advertisement

Share This:

 
Top