Zat² Kimia Di Kosmetik Yang Berbahaya Untuk Wanita Hamil

Advertisement
Widyadara™ ~ Zat Kimia Berbahaya untuk Wanita Hamil - Banyak Wanita Hamil yang ingin tetap tampil cantik dengan melakuka perawatan tubuh dan juga sering menggunakan produk kosmetik kecantikan. Tapi perlu diketahui ada beberapa produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya untuk Janin dikandungan.!!

Buat Kamu atau para wanita yang lagi hamil boleh saja menjaga penampilan dengan produk kecantikan, tapi coba perhatikan bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya. Karena bisa berakibat buruk buat janin.

Zat Kimia Berbahaya untuk Wanita Hamil

Berikut Inilah Daftar Produk Kosmetik yang Harus Dihindari Saat Hamil karena bisa membahayakan Janin dan proses melahirkan nantinya:

# Ftalatat (Phthalates)

» Zat Kimia yang terkandung pada Pewangi atau produk Kecantikan.
» Biasanya kandungan zat ini tidak tertulis pada kemasan, tapi ftalatat digunakan untuk menstabilkan pengharum pada produk kosmetik seperti body lotion, parfum dan body spray.
Zat ini membuat masalah reproduksi pada binatang dalam dosis yang tinggi.

» Sebaiknya hindari produk dengan aroma yang tajam pada saat hamil dan gunakan hanya produk dengan bahan alami tanpa aroma.

# Retinoid - Asam Salisilat

» Zat Kimia ini terkandung pada Obat Jerawat dan produk Anti-Aging. Selain dikenal dengan nama Asam salisilat (SA), senyawa ini dikenal juga dengan nama asam beta hydroxyl atau BHA.

» Retinoid dan asam salisilat merupakan vitamin A derivatif atau turunan yang dipercaya berbahaya bagi calon bayi. Asam salisilat dalam dosis kecil yang biasa terkandung pada pembersih muka dan lotion masih aman digunakan oleh ibu hamil.
Tapi vitamin A dalam dosis tinggi seperti yang terkandung pada produk anti-aging dan obat jerawat dapat menyebabkan cacat lahir.
» Sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum memakai produk-produk perawatan kulit.

# Accutane - Retin-A - Tetrasiklin

» Bahan-bahan kimia ini terkandung dalam Produk obat jerawat.
» Untuk melawan bakteri penyebab jerawat, produk obat jerawat menggunakan bahan-bahan tersebut dalam dosis yang tinggi dan berbahaya jika digunakan ketika hamil. Senyawa kimia ini dapat menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi.
» Jadi harus dihindari saat hamil.

# Hydroquinone - Glutathione

» Bahan Kimia ini terkandung pada produk Pemutih yang digunakan untuk memutihkan Kulit.
» Hydroquinone akan mempengaruhi enzim dalam tubuh yang memproduksi melanin, menyebabkan terhalangnya proses alami pembentukan kulit yang sehat secara alami untuk calon bayi dalam kandungan.
Hydroquinone juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang dan harus dihindari saat hamil atau menyusui.

» Hindari pemutih kulit selama kehamilan dan menyusui, karena zat-zat kimia ini berpengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuh.

# Toluen

» Zat Kimia yang terkandung pada Cat Kuku.
» Membuka produk yang memakai zat toluen, membuat udara di sekitarnya terkontaminasi dan membahayakan janin. Kalo menghirup Toluen dalam dosis tinggi, bisa menyebabkan cacat lahir dan terjadi kemungkinan keguguran.

» Sebaiknya lakukan perawatan dan pewarnaan kuku di tempat yang terbuka dan dengan fentilasi udara yang baik.

# Oksibenzon dan Avobenzone

» Zat kimia ini terkandung dalam tabir surya perlindungan kimia, karena ada dua macam tabir surya yang terdapat di pasaran, yaitu dengan perlindungan kimia dan perlindungan fisik.

» Oksibenzon dan Avobenzone ini tidak langsung berefek negatif pada kulit dan beracun, tapi bahan kimia ini bisa diserap oleh kulit dan bisa berpengaruh pada janin.
» Sebaiknya jangan terlalu sering dan berlebihan menggunakan produk tabir surya.

# Dihidroksiaseton (DHA)

» Zat kimia ini terkandung dan menjadi bahan utama yang digunakan untuk menggelapkan kulit.
» Melakukan Tanning atau penggelapan warna kulit dengan tujuan agar kulit tampak eksotis, sangat berbahaya jika dilakukan ketika sedang hamil.
DHA mungkin dapat terserap ke dalam aliran darah dan bisa menjadi penyebab kerusakan DNA.

» Oleh karena itu, sebaiknya hindari prosedur tanning selama kehamilan agar tidak menimbulkan risiko yang mungkin berbahaya bagi janin.

# Bahan Kimia pada Perawatan Rambut

» Berbagai perawatan rambut yang dilakukan seperti pengeritingan, pengecatan rambut, rebonding dan lainnya menggunakan bahan kimia akan berbahaya bagi janin.

» Bahan kimia ini akan meresap masuk ke dalam kulit kepala dan aliran darah. Hal ini kemungkinan besar akan berbahaya bagi janin dan bisa membuat janin lahir cacat.
» Penggunaan pewarna rambut sendiri telah dikaitkan dengan timbulnya kanker dan iritasi kulit kepala.

Cobalah untuk menghindari beberapa bahan zat kimia berbahaya dari Kosmetik untuk wanita Hamil diatas. Jangan sampai mengunakan produk kosmetik yang membahayakan janin. Semoga artikel diatas bermanfaat. Disalin Widyadara dari sumber herbalindo.biz Fimela.com health.detik.com dan yahoo.com.
Advertisement

Share This:

 
Top