*Cara Mengatasi Stres Penyebab Berat Badan Naik

Advertisement
Widyadara » Stres Menyebabkan Berat Badan Cepat Naik - Melakukan program diet bertujuan untuk menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Dan biasanya banyak tantangan dan larangan yang harus dihindari, salah satunya adalah "Stress". Karena bisa membuat berat badan cepat naik dan mengganggu program diet sehat kamu.

Banyak faktor penyebab stres yang terjadi, misalnya karena masalah keuangan yg memburuk, masalah hati, deadline pekerjaan atau tugas kuliah, dll. Stres yang dialami bisa mempengaruhi diet dan meningkatkan berat badan kamu.

Cara Mengatasi Stres Penyebab Berat Badan Naik

Sebuah respon tubuh secara fisik, emosional dan perilaku yg mengganggu keseimbangan atau meresahkan, inilah Stres. Kalo lagi stres, maka sebuah hormon stres "kortisol" akan dilepaskan dan mempengaruhi pelepasan berbagai macam hormon lainnya.

Selain bisa menyebabkan berat badan naik, stres juga bisa menyebabkan:
- Salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung
- Menyebabkan tekanan darah tinggi
- Bahkan sampai stroke

Berikut beberapa alasan Stres mempengaruhi berat badan dan mengganggu program diet kamu:

#1 Meningkatkan Timbunan Lemak
Berdasarkan sebuah studi, stres berkaitan dengan penumpukan lemak di dalam tubuh. Hormon kortisol diduga sebagai penyebabnya. Hormon tersebut bisa membangkitkan rasa lapar dan membuat orang yg stres makan berlebihan. Hasilnya, lemak di tubuh pun bertambah.
Selain meningkatkan berat badan, penumpukan lemak tersebut juga berpotensi memicu penyakit jantung dan stroke. Studi lain juga mendukung penemuan tersebut dan menyebutkan lemak yg terlalu banyak bisa merusak sistem metabolisme.

#2 Terjadinya Gangguan Metabolisme
Tingginya kadar kortisol juga bisa membuat metabolisme tubuh melambat, sehingga pembakaran kalori dalam tubuh berkurang. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi hasil diet dan membuat berat badan kamu semakin sulit turun, bahkan akan cenderung naik.

#3 Meningkatkan Gula Darah
Stres berkepanjangan juga mempengaruhi level gula darah kamu, terutama kalo kamu kecanduan makanan yg manis-manis. Kalo berlangsung dalam waktu yg lama maka bisa mengakibatkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin, hormon yg mengendalikan gula darah dalam tubuh, sehingga bisa memicu penyakit diabetes.

#4 Terjadinya Emotional Eating
Stres bisa memicu terjadinya emotional eating. Suatu bentuk luapan ekspresi yg disalurkan dengan cara makan berlebihan agar perasaan menjadi lebih tenang.
Kalo yg dikonsumsi adalah makanan gak sehat (berlemak, manis, terlalu asin), maka kebiasaan ini bisa mengakibatkan berat badan bertambah.

Berikut sedikit cara meredakan Stres dan mendapatkan Berat Badan Ideal yang bisa kamu lakukan:

*1 Olahraga Teratur
Olahraga memang menjadi modal utama untuk kesehatan, melancarkan program diet dan juga mengatasi stress. Mulailah berolahraga teratur setiap hari.

*2 Nutrisi yg Tepat
Makanan atau nutrisi yg kamu konsumsi juga harus diperhatikan. Karna banyak makanan sehat bernutrisi yang bisa dikonsumsi tiap kali kamu stres.
Gantilah permen atau es krim dengan yogurt rendah lemak ditambah taburan buah segar.

*3 Tidur yg Cukup
Dan yg paling penting adalah tidur yg cukup dan berkualitas. Kalo kamu lagi diet sehat dan ingin menurunkan berat badan idel secara sehat, hindari begadang dengan melakukan tidur lebih awal bangun di pagi hari secara teratur.

3 hal diatas merupakan komponen yg tidak terpisahkan untuk meredakan stres. Beberapa langkah efektif sebagai cara mengatasi stres dan membantu kamu untuk menurunkan berat badan yang ideal. Selamat berdiet! dan Semoga Bermanfaat. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari sumber DuniaFitnes.com dan Yahoo.com. Baca juga Tips Menjaga Berat Badan Saat Hamil.
Advertisement

Share This:

 
Top