Cara Mengatasi Makanan² Penyebab Bau Badan

Advertisement
Bagaimana Cara Mengatasi Makanan yang Membuat Bau Badan? Pastinya ada yang punya masalah dengan "Bau Badan" yang menyebabkan jadi kurang percaya diri dan membuat orang disekitar kita gak betah. Kenapa badan bisa bau? Banyak hal menjadi penyebab bau badan, salah satunya makanan yang kita konsumsi.

Mungkin kamu udah mandi dan udah pakai parfum, tapi kok masih bau badan? Coba cex deh, makanan apa yang barusan kamu konsumsi. Karna selain menyebabkan bau nafas, makanan juga bisa mempengaruhi bau badan loh.

Cara Mengatasi Makanan yang Membuat Bau Badan

Berikut beberapa makanan penyebab bau badan dan cara mengatasinya yang bisa kamu ketahui:

* Makanan Berserat Tinggi
Makanan berserat tinggi memberi kamu energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Tapi konsumsi lebih dari 5 gram serat (terutama persis sebelum fitnes) akan membuat aroma tubuh kamu Gak sedap. Kamu juga bisa kembung dan buncit.
Makanan berserat tinggi mengandung gas seperti hidrogen, metana, dan karbondioksida.

» Cara mengatasinya:
Banyak-banyaklah minum air putih, agar pencernaan seimbang.

* Bawang Bombay
Bawang bombay punya rasa yg menggugah selera, tapi orang-orang di sekitar kita bisa tersiksa kalo kita makan bawang bombay banyak-banyak.
Setelah dicerna, minyak dalam bawang bombay ikut terserap ke aliran darah, masuk ke paru-paru, lalu keluar lewat napas. Gak heran kalo kamu berbau bawang.

» Cara mengatasinya:
Jangan makan bawang bombay mentah.
Tumislah terlebih dahulu agar minyaknya keluar, dan baunya pun melemah.

* Sayuran Brassicaceae (Brokoli dan Kubis)
Anak-anak kecil sekarang punya tambahan alasan untuk menolak sayuran seperti kubis - brokoli dan sebangsanya.
Makanan dengan kadar belerang tinggi ini memang ampuh mengusir racun dan sek karsinogen, tapi mereka juga punya peran dalam bau badan.

» Cara mengatasinya:
Karena sayur-sayuran jenis ini amat penting bagi kesehatan, makanlah saat kamu sedang nyaman di rumah sendiri.
Kamu bisa juga mencelupkan sebentar sayuran ini ke dalam air mendidih untuk menghilangkan baunya.

* Durian
Buah para raja ini mengandung karbohidrat, lemak, protein dan belerang yg tinggi. Akibatnya? Napas kamu pun berbau gak sedap.

» Cara mengatasinya:
Para ilmuwan tengah mengembangkan durian yg gak berbau. Tapi sementara waktu, cobalah makan jeruk setelahnya, baik dimakan langsung atau minum air perasan jeruk.

* Kelabat (Klabet)
Aroma bacon dan sirup maple memang enak di pagi hari. Tapi kalo lagi berolahraga di gym?
Cobalah kurangi konsumsi klabet, rempah yg biasa ada di makanan Timur Tengah. Klabet punya kandungan kimia bernama soloton, yg berperan dalam menciptakan aroma "manis" di keringat kamu.

» Cara mengatasinya:
Wangi sirup emang gak terlalu mengganggu. Tapi kalo aromanya kuat, bisa bikin pening.
Kalo kamu gak bisa meninggalkan klabet, coba taburkan campuran baking soda dan jus lemon di daerah yg berkeringat untuk membunuh bakteri.

* Kopi
Teman di pagi hari ini ternyata berbahaya bagi keberlangsungan kencan kamu. Kafein merangsang sistem saraf pusat kamu, dan mengaktifkan kelenjar keringat.
Kopi juga bersifat asam, sehingga membuat mulut kering. Ketika air liur berkurang, bakteri tumbuh pesat dan membuat bau mulut.

» Cara mengatasinya:
Gantilah kopi dengan teh herbal yg berkafein rendah. Gak hanya mengusir bau mulut, tapi juga pilihan yg lebih sehat!

Itu sebagian dari makanan yang menyebabkan bau badan, kalo emang ada diantaranya yang kamu konsumsi dan menyebabkan badan kamu bau, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara diatas. Semoga sedikit penjelasan tentang Makanan penyebab bau badan dan cara mengatasinya diatas bisa bermanfaat. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari sumber yahoo.com.
Advertisement

Share This:

 
Top