Tips² Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Advertisement
Widyadara™ ~ Tips Menjaga Berat Badan Saat Hamil - Cara Menjaga Berat Badan Ideal Saat Hamil ~ Biasanya, salah satu ciri ciri orang hamil adalah berat badan yang bertambah. Tapi mungkin ada yang mencari tau gimana cara mengatasi dan menjaga berat badan ideal saat kehamilan? Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk menjaga berat badan agar ideal dan tetap normal.

Nah, buat kamu anda atau saudari yang sedang hamil, berikut beberapa tips Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan yang bisa dilakukan:

Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

* Perhatikan Bertambahnya Berat Badan
Sebagai patokan umum, usahakan pertambahan berat gak lebih dari 300 gr setiap minggu. Terutama setelah memasuki minggu ke-20 pertambahan berat cenderung konstan setiap minggunya. Karena itu bila terjadi pertambahan yang lebih dari 500 gr udah bisa dipastikan gak normal. Untuk itu segera pelajari kembali pola makan atau kebiasaan yang mungkin bisa menyebabkan hal ini.

* Timbang Berat Badan Setiap Minggu
Setelah memasuki masa stabil, yaitu setelah hilangnya "ngidam" (setelah memasuki minggu ke 16), usahakan untuk menimbang berat badan secara teratur minimal satu minggu sekali. Jangan lupa catat berat badan setiap kali habis menimbang.
Dengan mengetahui kecenderungan pertambahan berat badan yang kurang normal secara dini, akan mempermudah memulai tindakan pengontrolan. Selain itu ini akan sangat berguna kelak setelah persalinan untuk segera mengembalikan berat badan ke semula.

* Cara Makan yang Baik
Akibat nafsu makan yang besar ada kecenderungan makan dengan cepat dan tanpa dikunyah dengan baik. Ini mengakibatkan naiknya kadar gula darah, sehingga memperlambat pengiriman sinyal kenyang. Akibatnya, rasa kenyang datang terlambat dan terlanjur makan berlebih. Lebih lanjut rasa puas setelah makan gak diperoleh.

* Pola Makan Teratur dan Seimbang
Terutama setelah memasuki masa stabil, ada kecenderungan nafsu makan bertambah secara tiba-tiba. Sehingga diperlukan usaha ekstra untuk mengkontrol diri. Jangan biarkan diri terbiasa memakan camilan terus menerus. Serta perhatikan pola makan yang teratur, yaitu makan 3 kali sehari secara teratur di waktu yang sama setiap harinya.
Juga perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, apakah cukup bervariasi dan gak terlalu banyak jenis-jenis tertentu. Kalo perlu buat menu untuk satu minggu.

* Catatan Makanan Setiap Hari
Kontrol berat badan dimulai dari pengetahuan akan apa dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari. Dengan memiliki catatan kecil akan makanan yang dikonsumsi minggu terakhir misalnya akan mempermudah kamu untuk mengetahui penyebab berat yang gak normal.

* Gerakkan Badan Meski Terasa Berat
Lakukan pekerjaan rumah yang memungkinkan seperti biasa, seperti menyapu, mencuci piring dan sebagainya. Juga baik melakukan jalan-jalan. Meski badan terasa berat dengan semakin besarnya perut, bukan berarti hanya berbaring atau duduk-duduk aja. Selama gak ada larangan dari dokter, lakukan gerakan dan kegiatan seperti biasa meski tetap dengan penuh kehati-hatian. Selain mencegah kegemukan, ini juga menyegarkan badan serta baik untuk berganti suasana.

* Kurangi Cemilan dan Makan di Luar
Aneka cemilan maupun makanan luar umumnya mengandung kalori tinggi, gizi gak berimbang dan kandungan garamnya tinggi. Semua ini merupakan hal-hal utama yang perlu dikurangi selama masa kehamilan. Tentu aja bukan berarti harus dihindari secara total, namun perlu dikombinasikan dengan makanan di rumah agar diperoleh gizi yang seimbang.

* Hindari Makan 3-Jam Sebelum Tidur
Makanan yang dikonsumsi beberapa saat sebelum tidur akan diserap dan disimpan di lemak bagian bawah kulit, sehingga menyebabkan kegemukan.

* Kurangi Konsumsi Gula Lemak dan Garam
Penyebab utama berat badan berlebihan selama kehamilan adalah akibat konsumsi kalori berlebihan. Untuk itu aneka makanan yang berlemak atau manis-manis sebaiknya dikurangi. Juga perlu diperhatikan konsumsi garam, karena ini mendorong konsumsi nasi serta penyebab utama pembengkakan.

* Konsumsi Makanan Seperti Biasa
Hilangkan anggapan harus makan untuk 2 orang. Meski hamil dan mengandung bayi, bukan berarti harus makan jatah 2 orang. Ini malah cenderung potensial menyebabkan kegemukan, dan malah bisa menyulitkan proses persalinan. Lebih dari jumlah makanan, yang perlu diperhatikan adalah mutu makanan, terutama usahakan konsumsi makanan sehat dengan kandungan protein, zat besi dan kalsium yang tinggi.

Itulah beberapa Tips dan Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil yang bisa kamu lakukan agar berat badan ideal walaupun sedang hamil. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari sumber keluargacemara.com.
Advertisement

Share This:

 
Top