Buah Segar Untuk Tubuh Bugar Saat Berpuasa

Advertisement
Buah untuk Tubuh Tetap Bugar saat Berpuasa - Berpuasa selama kurang lebih 14 jam, tubuh yg tidak mendapat asupan nutrisi tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Agar tubuh tetap bugar dan sehat saat puasa, sangat dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan saat sahur atau berbuka puasa. Karna buah mengandung serat dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Buah Segar Untuk Tubuh Bugar Saat Berpuasa

Setelah seharian berpuasa yang membuat badan lemah dan lesu, beberapa buah menyegarkan berikut paling baik dikonsumsi saat berbuka puasa :

* Blewah

Mengkonsumsi blewah dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Kandungan air yg tinggi pada buah ini membantu mengatasi dehidrasi karena 14 jam tidak mendapat asupan cairan. Blewah mengandung zat gula. Karena saat berbuka tubuh membutuhkan zat gula yg cepat diserap tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu blewah mengandung kalium yg tinggi sehingga dapat memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

* Semangka

Semangka merupakan buah berwarna merah yg kaya akan air. Memakan semangka saat berbuka dapat mengatasi dahaga setelah seharian berpuasa. Buah merah ini juga dipercaya dapat menyejukkan tubuh karena kaya akan likopen. Selain itu, buah semangka mengandung banyak vitamin A dan vitamin C yg dibutuhkan tubuh.

* Mangga

Mangga sangat bagus dikonsumsi saat berpuasa karena buah yg satu ini dapat menjadi sumber energi, serat dan vitamin. Karbohidrat yg terkandung di dalam buah ini menjadi penghasil energi yg dapat segera digunakan oleh tubuh. Selain itu mangga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C dan B kompleks yg sangat baik untuk tubuh.

* Pisang

Pisang kaya akan karbohidrat yg terusun dalam zat pati dan zat gula. Dua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energy saat berbuka. Selain mengandung vitamin A yg baik bagi tubuh, pisang juga mengandung kalium dan natrium, mineral yg baik untuk relaksasi otot.

* Pepaya

Selain dikenal sebagai buah yg baik untuk proses pencernaan, pepaya sangat baik dikonsumsi saat berpuasa karena mengandung mineral yg cukup tinggi. Komposisi mineral yg terkandung dalam pepaya seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng dan selenium sangat baik bagi tubuh. Selain itu pepaya kaya akan vitamin C yg membantu menjaga daya tahan tubuh.

Menjalankan puasa harus menjaga tubuh tetap bugar agar bisa melaksanakan ibadah dan kegiatan seperti biasa. Selain memakan makanan yang kaya nutrisi, disarankan juga mengkonsumsi buah agar tubuh tetap bugar saat berpuasa diatas. Selamat berpuasa. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari sumber dreamersradio.com yahoo.com dan google.com.
Advertisement

Share This:

 
Top