*Inilah Kesalahan² Yang Menyebabkan Gagal Diet

Advertisement
Widyadara » Melakukan Program Diet Sehat atau menjalani Tips Diet secara Alami untuk menurunkan Berat Badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, terkadang melakukan beberapa Kesalahan yang bisa menyebabkan Diet Gagal, dan malah membuat badan jadi gak sehat, berat badan makin bertambah, gak ada perubahan atau berat badan turun drastis dan sakit.

Tujuan melakukan Diet adalah untuk menurunkan dan mendapatkan berat badan ideal, tapi kesehatan juga perlu diperhatikan. Buat kamu yang lagi diet, perhatikan beberapa Kesalahan Dalam Diet yang biasanya dilakukan yang menyebabkan gagal diet, berikut..

Kesalahan yang Menyebabkan Diet Gagal
"Kesalahan yang Menyebabkan Diet Gagal"

1# Menahan Lapar

Sebuah Metode Diet Konvensional yg paling banyak ditempuh atau dilakukan oleh orang-orang yg lagi Diet. Mereka menganggap bahwa dengan menahan lapar dan makan lebih sedikit bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

* Faktanya:
Kalo tubuh Kamu gak mendapatkan nutrisi dari makanan, maka tingkat energi Kamu akan menurun dan metabolisme tubuh akan melambat. Metabolisme adalah proses perubahan makanan menjadi energi. Kalo metabolisme melambat otomatis pembakaran lemak pun ikut melambat, karena lemak adalah cadangan energi tubuh.

Diet yg benar gak mengharuskan tubuh Kamu untuk berlapar-lapar, malah harus makan lebih sering yaitu antara 3-6 kali sehari!, dengan 3 kali makan utama dan 3 kali snack di sela waktu makan. Tentunya dengan menu makan rendah karbohidrat dan tinggi protein.

Perlu Kamu perhatikan bahwa yg ditekankan adalah "makan lebih sering", bukan "makan lebih banyak"! Makan lebih sering berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menjaga agar perut Kamu gak berlapar-lapar dan akhirnya makan dalam porsi besar.

2# TIDAK Sarapan

Ada yg sengaja gak sarapan karena takut berat badan bertambah, ada pula yg gak sempat sarapan karena kesibukan yg tinggi. Ok, sekarang kita akan kupas mengapa tubuh butuh sarapan saat diet.

* Faktanya:
Sarapan adalah makan yg paling penting untuk tubuh. Sadarkah Kamu Kalo kita telah "berpuasa" selama 8 jam saat tidur tanpa mendapatkan asupan nutrisi sama sekali. Tubuh Kamu memerlukan asupan nutrisi yg memadai saat sarapan sebagai cadangan energi untuk menghadapi aktivitas sepanjang hari.

Kalo Kamu melewatkan sarapan, tubuh Kamu akan berisiko mengalami efek katabolik, yaitu proses pemecahan otot menjadi sumber energi. Bonusnya, Kamu akan merasa lemas, pusing, dan susah konsentrasi saat beraktivitas.

3# TIDAK Makan Malam

Menjelang tidur tubuh kita gak membutuhkan karbohidrat tinggi yg berpotensi menjadi lemak. Tapi tubuh tetap membutuhkan protein menjelang tidur. Pada saat Kamu tidur, hormon pertumbuhan akan bekerja lebih maksimal. Tubuh akan memperbaiki diri dengan meregenerasi sel-sel yg rusak. Nah, semua proses ini membutuhkan bantuan protein sebagai bahan baku utama pembangun tubuh.

* Faktanya:
So, bukan masalah Kalo Kamu tetap makan malam saat diet. Asuplah makanan kaya protein 2-3 jam menjelang tidur. Kalo pun ingin mengasup karbohidrat, usahakan paling lambat 4 jam menjelang tidur.

4# TIDAK Berolahraga

Seperti tujuan awal Kamu berdiet, yaitu untuk menurunkan berat badan dan memiliki tubuh yg lebih sehat dari sebelumnya. Diet dan olahraga adalah satu paket lengkap yg gak bisa dipisahkan. Tujuan dari berolahraga saat diet adalah untuk memacu metabolisme sekaligus meningkatkan pembakaran lemak tubuh Kamu.

* Faktanya:
Kalo Kamu gak berolahraga, maka tubuh akan menyimpan kalori yg gak terpakai menjadi lemak yg dapat menambah berat badan Kamu.

Itulah 4 Kesalahan yang Menyebabkan Diet Gagal yang sering kali dilakukan tanpa sadar atau salah persepsi tentang tips diet. Coba perbaiki lagi cara diet yang sehat dan selalu ikuti panduan diet yang benar. Semoga bermanfaat. Disalin Tips Widyadara dari berbagai sumber duniafitnes.com, panduandiet.com dan yahoo.com.
Advertisement

Share This:

0 comments:

Posting Komentar

 
Top