18 Manfaat Mandi Air Dingin Buat Kesehatan Tubuh

Advertisement
Inilah Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh » Banyak tips kesehatan yg menyarankan untuk Mandi dengan air Hangat karna emang baik untuk tubuh, yaitu untuk merilekskan otot-otot kaku setelah beraktivitas. Tapi mandi dengan air dingin juga memiliki manfaat yg lebih baik untuk tubuh, loh.

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh

Air dingin mampu membersihkan dengan baik segala kotoran yg ada di kulit dan juga rambut Kamu. Apa sajakah manfaat baik dari mandi air dingin? Berikut 18 manfaat mandi dengan air dingin keuntungan buat kesehatan tubuh kamu...

#1 Menutup Pori-Pori Penyebab Jerawat
Mandi dengan air dingin bisa menutup seluruh pori-pori yg ada di kulit tubuh Kamu. Pori-pori perlu dibuka agar segala minyak dan kotoran yg hinggap di tubuh dapat lebih cepat keluar dan ngga menyebabkan jerawat.

#2 Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh
Mandi air dingin dipagi hari akan merangsang tubuh Kamu untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Sel darah putih inilah yg berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yg bisa membahayakan kesehatan tubuh Kamu. Dan ternyata mandi air dingin dapat mencegah Kamu dari penyakit flu dan infeksi.

#3 Mendetoksifikasi Tubuh
Mandi air dingin dapat mendetoksifikasi tubuh Kamu dan membuat tubuh Kamu lebih sehat. Alasan lain mengapa Kamu merasa terkejut dan menggigil saat mandi air dingin adalah karena tubuh Kamu juga sedang berusaha menghilangkan racun-racun dalam tubuh keluar melalui kulit Kamu. Ini mencegah racun-racun tersebut berada dalam tubuh Kamu dan menyebabkan infeksi atau sejenisnya. Mandi air dingin jugalah yg menyebabkan sistem limfatik dalam tubuh Kamu bekerja lebih aktif.

#4 Menjaga Temperatur Tubuh
Mandi air dingin telah banyak menunjukkan membantu menjaga temperatur tubuh manusia, memastikan jumlah keringat yg dapat Kamu keluarkan. Ini berarti kalo Kamu menderita dari tangan atau kaki dingin, atau kalo Kamu merasakan berkeringat dalam jumlah yg ngga seharusnya, maka mandi air dingin dapat membantu Kamu. ngga hanya itu saja mandi air dingin juga membantu Kamu lebih tahan menghadapi cuaca dingin yg berarti kurangnya kemungkinan flu dan sejenisnya.

#5 Melindungi Minyak Alami Kulit
Mandi dengan air dingin dapat mempertahankan minyak alami yg ada di kulit Kamu. Karena seperti yg diketahui, kulit membutuhkan minyak agar menjadi lebih lembab, ngga kering, mencegah timbulnya garis-garis halus di wajah dan mencegah penuaan dini.

#6 Melancarkan Sirkulasi Darah
Dengan lancarnya aliran darah keseluruh tubuh maka seluruh organ tubuh pun juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya. Disamping itu, manfaat lainnya yaitu mempercepat proses penyembuhan, serta menguragi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

#7 Membuat Pernapasan Lebih Baik
Salah satu efek yg dapat dilihat secara nyata dari mandi air dingin secara teratur adalah pernapasan Kamu yg mulai lebih panjang atau dalam. Ini adalah sebagai akibat mandi air dingin dimana tubuh Kamu mulai beradapatasi dengan mengambil oksigen yg lebih banyak dan membuat tubuh Kamu hangat. Hal ini sebenarnya justru malah sangat baik karena membuat Kamu ngga cepat lelah dan dapat melakukan olahraga lebih lama.

#8 Mengurangi Tingkat Stres Pada Pikiran
Dengan mulai membasahi tubuh dengan air dingin dipagi hari akan memastikan seluruh bagian tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yg cukup. Kebutuhan oksigen pada organ yg terpenuhi akan mampu mengurangi tingkat stres yg dialami.

#9 Meningkatkan Energi
Mandi air dingin akan membuat Kamu lebih berenergi.
Seperti yg telah dikatakan sebelumnya, mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme dan memperlancar sirkulasi darah. Hal itu akan membuat jantung Kamu memompa peredaran darah keseluruh tubuh dengan baik.

#10 Melindungi Minyak Rambut
Mandi dengan menggunakan air dingin dapat mencegah hilangnya minyak alami pada rambut Kamu. Selain itu, air dingin juga dapat memperkuat rambut dan mencegah kerontokan.

#11 Meningkatkan Kesehatan Rambut Di Kepala
Mandi air dingin dipagi hari ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut atau mahkota kepala Kamu. Ini dikarenakan, dengan mulai mandi air dingi dpagi hari akan semakin memperkuat akar rambut yg membuat rambut ngga mudah rontok maupun kusam.

#12 Membuat Kulit dan Rambut Sehat
Mandi air dingin akan membuat rambut dan kulit rambut Kamu lebih kuat
Tahukah Kamu kalo mandi air panas sebenarnya membuat kulit dan rambut Kamu kering, sedangkan air dingin dapat membuat kulit dan rambut Kamu lebih berkilau? Air dingin mengakibatkan pengecilan pori-pori pada rambut dan kulit kepala. Pengecilan pori-pori ini akan membuat tubuh kita lebih kuat dan mencegah adanya kotoran masuk ke dalam pori-pori tersebut. Dengan rambut yg lebih kuat maka tentu aja kemungkinan rontok akan berkurang.

#13 Meningkatkan Kesuburan
Bagi pria yg ingin memiliki anak berusahalah sering-sering mandi dengan air dingin agar hormon reproduksi Kamu meningkat. Ini karena mandi air dingin dapat meningkatkan berbagai produksi hormon dibandingkan mereka yg mandi air panas seperti hormon testosterone yg berkaitan dengan kesuburan contohnya.

#14 Mengurangi Bengkak
Air dingin mampu mengkonstriksi pembuluh darah yg dapat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan munculnya lingkaran di bawah mata. Menggunakan shower dengan air dingin juga dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan sehat.

#15 Meningkatkan Mood
Mendapatkan mood yg baik di pagi hari bukanlah hal yg mudah, tapi ngga begitu halnya kalo Kamu mandi dengan air dingin. Ini karena mandi air dingin dapat meningkatkan keseimbangan otak dyang mengarah ke relaksasi dalam tubuh Kamu. Air dingin dapat menstimulasi peredaran darah di otak yg dapat mengurangi jeleknya mood atau perasaan serta mencegah depresi.

#16 Mengurangi Berat Badan
Beberapa dari Kamu mungkin merasa hal ini sulit dipercaya. Bagaimana mungkni mandi air dingin dapat menyebabkan berat badan Kamu berkurang? Namun ternyata hal ini benar apa adanya. Pada saat kita mandi air dingin, begitu merasakan dinginnya air tersebut tubuh kita pasti menggigil. Ternyata itu adalah respon alami dimana tubuh kita sedang berusaha menghasilkan yg namanya lemak coklat.

#17 Membantu Tidur
Salah satu alasan baik lainnya untuk mandi air dingin adalah membantu Kamu tertidur lebih cepat. Bagi Kamu yg sering menyebut diri menderita Insomnia maka cobalah untuk mandi air dingin sebelum Kamu tidur. Mandi air dingin akan membuat tubuh Kamu terkejut atau menggigil namun begitu Kamu menyentuh ranjang, perasaan relaks akan mulai terasa dan Kamu akan lebih mudah tidur.

#18 Tidak Menyebabkan Rematik
Dan ketahuilah bahwa kepercayaan umum mengenai rematik dan mandi di malam hari itu sebenarnya salah, salah satu alasan mengapa mandi di malam hari itu buruk adalah kemungkinan Kamu terkena flu karena cuaca yg sangat dingin.

Itulah beberapa manfaat dahsyat mandi air dingin di pagi hari ataupun di malam hari yg mungkin pernah kamu lakukan, dan bisa kamu lakukan agar tubuh lebih sehat.
Disalin Widyadara dari berbagai sumber referensi:
- http://www.tahupedia.com/content/show/398/10-Manfaat-Mandi-Air-Dingin-Bagi-Tubuh-Kamu
- https://id.she.yahoo.com/mengapa-air-dingin-baik-untuk-093500370.html
- http://intips-kesehatan.blogspot.com/2014/03/manfaat-mandi-air-dingin-pagi-hari.html
Advertisement

Share This:

0 comments:

Posting Komentar

 
Top