Manfaat Tempe Buat Kesehatan Tubuh

Advertisement
Manfaat Kesehatan Tempe buat Tubuh: Tempe sebagai makanan murah, bisa kita temui dan dapatkan dengan mudah, tempe menjadi salah satu makanan tradisional masyarakat Indonesia. Walaupun terlihat sederhana, tempe ternyata mempunyai banyak manfaat baik buat kesehatan dan tubuh kita.

Kandungan gizi dalam tempe ternyata bermanfaat baik buat kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tempe buat kesehatan dan tubuh yang bisa kita ketahui:

Manfaat Tempe Buat Kesehatan Tubuh

# Kandungan Gizi Tempe

Tempe dibuat dari kacang kedelai yg difermentasikan dengan jamur 'Rhizopus Oligosporus'. Menurut penelitian kandungan gizi tempe disejajarkan dengan kandungan gizi yg ada pada yogurt, dan Tempe merupakan sumber protein nabati. Kandungan antibiotika dan antioksidan dalam tempe juga bisa menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.

Tempe Mengandung:
- Serat Pangan
- Kalsium
- Vitamin B dan
- Zat Besi

Dalam 100 gram tempe mengandung:
- Protein 20,8 gram
- Lemak 8,8 gram
- Serat 1,4 gram
- Kalsium 155 miligram
- Fosfor 326 miligram
- Zat Besi 4 miligram
- Vitamin B1 0,19 miligram
- Karoten 34 mikrogram

# Tempe Baik untuk Semua Usia

Tempe merupakan hasil olahan kedelai melalui proses fermentasi. Selama proses fermentasi berlangsung, kedelai akan mengalami perubahan nilai gizi dan tekstur. Enzim pencernaan pun akan dihasilkan oleh 'Rhizopus oligosporus' (kapang tempe) selama proses fermentasi berlangsung, itulah yg membuat tempe lebih nyaman di lambung.
Tempe baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan atau menjaga fungsi organ tubuh bagi orang dewasa.

# Diet Tinggi Protein

Pengolahan kedelai menjadi tempe juga turut menurunkan kadar stakiosa dan raffinosa, dua zat penyebab perut kembung. Gak cuma itu, tempe juga memiliki kandungan protein yg cukup tinggi. Dalam 100 gr tempe terkandung sekitar 20,8 gr protein, sehingga cocok dijadikan menu harian bagi Kamu yg menerapkan diet tinggi protein.
Keutamaan tempe yg lain adalah, karbohidrat, protein, dan lemak sehat yg terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna dan diserap tubuh.

# Mengendalikan Gula Darah

Tempe juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kandungan protein dan serat yg terdapat dalam tempe mampu mencegah naiknya kadar gula darah. Penderita diabetes biasanya lebih berisiko mengalami aterosklerosis atau radang pembuluh darah yg berhubungan dengan penyakit jantung, sehingga harus menjaga kadar kolesterol darah tetap rendah.
Inilah mengapa mengonsumsi tempe baik bagi penderita diabetes.

# Sehat untuk Jantung

Dalam beberapa tahun terakhir, protein kedelai telah menjadi ikon baru dalam menjaga kesehatan jantung. Penelitian juga telah membuktikan bahwa kandungan protein dalam tempe dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 30-45 persen.
Seperti kita ketahui bahwa kolesterol jahat (LDL) adalah faktor penyebab tersumbatnya pembuluh darah yg dapat memicu serangan jantung dan stroke.
Penelitian juga menyebutkan bahwa tempe dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah, yg berguna untuk menekan jumlah kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

# Mencegah Kanker

Kandungan serat dalam tempe tak hanya efektif untuk memperbaiki kinerja saluran cerna, tapi juga ampuh dalam mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker dan membuangnya dari dalam tubuh. Racun yg telah terikat gak bisa merusak sel-sel dalam tubuh.
Penelitian yg dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan phytoestrogen yg terdapat pada tempe ternyata juga dapat mencegah kanker prostat, payudara dan penuaan dini.

Ternyata banyak manfaat kesehatan dari tempe buat tubuh yg ditawarkan. Jangan karna harga yang murah dan dianggap makanan kelas bawah membuat kamu malu mengonsumsinya. Perhatikan baik-baik manfaat baik yang terkandung dalam tempe diatas. Disalin Widyadara dari sumber DuniaFitnes.com dan yahoo.com.
Advertisement

Share This:

 
Top