*Inilah 13 Masalah Yang Terjadi Pada Wanita Hamil

Advertisement
Widyadara™ ~ Masalah yang Biasa Terjadi Pada Wanita Hamil - Sebagian wanita terutama yg udah pernah hamil pasti tau dan sering mengalami masalah yg terjadi saat kehamilan. Masalah yang biasa dialami wanita hamil yg membuat mereka menderita bahkan hampir putus asa. Tapi terkadang masalah itu gak terlalu berbahaya.

Kalo kamu mendeteksi tanda tanda kehamilan mungkin beberapa masalah wanita hamil yang biasa dialami dan cara mengatasinya. Silahkan baca dan simak artikel kesehatan wanita hamil berikut.

Masalah yang Terjadi Pada Wanita Hamil

#1. Morning Sickness
Segera hubungi dokter kalo morning sickness terus berlanjut lebih dari tiga bulan masa kehamilan atau menyebabkan berat badan saat hamil turun secara drastis.
Cobalah untuk membiasakan makan teratur dalam porsi ringan, dan hindari makanan yg banyak mengandung minyak dan lemak. Selalu sediakan biskuit cracker disebelah tempat tidur kamu, agar kamu bisa segera memakannya saat bangun tidur.

#2. Sering Buang Air Kecil
Seiring dengan bertambahnya usia kandungan, kamu akan lebih sering buang air air kecil. Hal ini terjadi karena adanya tekanan bayi pada saluran urin kamu. Gak ada cara yg bisa kamu lakukan untuk mengurangi masalah ini. Hanya aja kamu gak perlu khawatir, karena hal ini gak berbahaya buat kamu dan janin.

#3. Perasaan yg Sering Berubah-ubah (moody)
Pada masa kehamilan, hormon kamu senantiasa beruba-ubah seperti roller coaster. Ditambah lagi perasaan bahwa hidup kamu sedang mengalami satu perubahan besar.
Jangan terlalu keras pada diri sendiri. kalo kamu merasakan sangat sedih bahkan seolah hendak bunuh diri, bicarakan dengan dokter atau orang-orang terdekat kamu tentang kegalauan kamu.

#4. Kelelahan
Kadangkala perasaan lelah pada ibu hamil disebabkan oleh anemia, kalo kondisi ini semakin memburuk, segera hubungi dokter. Perbanyaklah istirahat dan lakukan tidur siang kalo memungkinkan.

#5. Hidung Tersumbat
Hidung mampet atau tersumbat pada wanita hamil biasanya terjadi akibat adanya perubahan tingkat hormon estrogen wanita. Bahkan bisa jadi kamu juga akan mengalami pendarahan hidung (mimisan). Gak perlu khawatir, karena hal ini masih normal terjadi pada wanita hamil. Tapi kalo hal tersebut semakin mengganggu segera konsultasi dengan dokter untuk penanganannya.

#6. Gusi Berdarah
Sikat dan bersihkan gigi kamu secara teratur, serta kunjungi dokter gigi untuk membersihkan gigi seperti biasa. Kehamilan bukan halangan buat kamu untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. Hanya pastikan kamu memberitahukan dokter bahwa kamu sedang hamil, agar dokter bisa memberikan penanganan khusus yg aman buat kamu.

#7. Panas pada Lambung (Heartburn)
Makanlah secara teratur dengan porsi kecil. Hindari makan makanan yg pedas dan berlemak atau berminyak. Jangan langsung berbaring setelah makan. Konsulatasilah dengan dokter tentang penggunaan obat penetralisir asam lambung yg aman bagi kamu.

#8. Sembelit
Perbanyaklah minum air. Makan makanan sehat yg banyak mengandung serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan sereal. Jangan mengkonsumsi obat pencahar tanpa anjuran dokter terlebih dahulu.

#9. Hemorrhoid
Hemorrhoid merupakan sakit yg dirasakan diadaerah anus, terutama saat mengejan. Untuk meredakannya, jangan mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Hindari sembelit pada pencernaan kamu. Setelah buang air besar, basuh dengan air dan bersihkan hingga bersih. Bilaslah dengan sabun beberapa kali dalam sehari kalo perlu.

#10. Infeksi Jamur atau Keputihan
Pada dasarnya keputihan pada wanita hamil merupakan hal yg normal, tapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kalo keputihan semakin parah dan berlebihan.

#11. Edema
Edema merupakan keluarnya keringat atau cairan tubuh lainnya melalui permukaan kulit. Berbaringlah dengan posisi bertumpu pada tubuh bagian samping kiri. Istirahatkan kaki kamu dengan mengangkatnya ke atas sehingga darah akan mengalir lebih lancar dari kaki ke jantung kamu. Jangan mengkonsumsi pil diuretik. Sebaiknya konsultasikan dokter terlebih dulu kalo kamu bermaksud hendak mengurangi konsumsi garam untuk mengurangi keringat berlebih pada tubuh. Karena bagaimanapun tubuh membutuhkan garam untuk keseimbangan cairan tubuh, dan mengurangi konsumsi garam bukan merupakan cara terbaik untuk mengatasi keringat berlebih pada tubuh kamu.

#12. Varises
Hindari memakai pakaian yg ketat dibagian kaki atau paha. Istirahatkan kaki kamu sesering mungkin. Gerak-gerakan kaki kamu kalo kamu harus berada pada posisi berdiri dalam waktu lama. Konsultasilah dengan dokter untuk mengetahui cara yg aman meredakan dan mencegah varises.

#13. Keram Kaki
Kalo sering merasa keram pada kaki, lakukan secara perlahan merenggangkan panggal betis kamu dengan memutar jempol kaki kamu ke-arah betis.

Hal-hal diatas pastinya bakal dirasain dan terjadi pada wanita hamil. Jadi sekarang kamu bisa tau cara mengatasinya kalo terjadi 13 masalah pada wanita hamil diatas. Semoga bermanfaat. Disalin Dunia Wanita Widyadara dari berbagai sumber dechacare.com yahoo.com dan google.com. Baca juga Ciri Ciri Awal Kehamilan 1 Minggu.
Advertisement

Share This:

 
Top