Jenis Makanan² Sehat Untuk Wanita Hamil

Advertisement
Widyadara™ ~ Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil: Seorang wanita yang sedang hamil atau mungkin awal kehamilan, perlu Makanan, sayuran, buah, daging, dll untuk kesehatan kehamilan. Untuk menghindari terjadinya keguguran, ibu hamil harus melakukan kebiasaan hidup sehat, seperti berolahraga kecil, istirahat yang cukup, atau diet yang sehat untuk meningkatkan kesehatan tubuh saat hamil.

Menjaga pola makan sehat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh wanita hamil dan bayi yang dikandungnya. Berikut beberapa makanan sehat untuk wanita hamil yang bisa dikonsumsi saat hamil.

Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil

* Sayuran dan Buah-Buahan
Penyerapan serat tinggi dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit saat buang air besar. Perlu untuk selalu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh manusia. Ketika sedang hamil, wanita harus bisa senantiasa meningkatkan kekebalan tubuhnya, demi menjaga agar janin tetap sehat.
Oleh karena itu, bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kubis, brokoli, apel, jeruk, dan buah-buahan lainnya.

* Daging Kaya Zat Besi dan Protein
Menurut dokter, ibu hamil harus melengkapi 27 miligram zat besi setiap hari. Selain daging, makanan lain seperti hati hewan dan kacang kedelai juga mengandung zat besi berlimpah. Namun, yang harus diperhatikan disini adalah, daging dan hati harus dimasak dengan matang untuk membunuh bakteri dan virus.

* Mineral Kalsium
Wanita membutuhkan kalsium yang cukup untuk meningkatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Banyak wanita hamil terganggu oleh masalah tulang. Sebagai contoh, struktur tulang akan menjadi rapuh sehingga menyebabkan fraktur (patah tulang).

* Asam Folat
Makanan yang mengandung asam folat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh wanita hamil. Asam folat tidak hanya dapat mencegah anemia bagi perempuan tetapi juga mempercepat pengembangan sistem saraf untuk janin. Menurut penelitian medis, asam folat berlimpah terkandung dalam makanan vegetarian dan hewani. Ibu hamil dapat mengonsumsi sayuran hijau dan hati hewan untuk suplemen asam folat.

Jenis makanan tersebut terbukti dapat memberikan banyak nutrisi penting bagi wanita hamil dan sangat sangat membantu dalam mendukung kegiatan fisik sang ibu maupun janin. Selain faktor makanan sehat untuk wanita hamil, mereka juga harus menghentikan kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok untuk memberikan perlindungan sepenuhnya kepada janin. Disalin Tips Kesehatan Widyadara sumber yahoo.com.
Advertisement

Share This:

 
Top