*Cara Mengukur Dan Menghitung Berat Badan

Advertisement
Widyadara » Gimana Cara Mengukur Berat Badan yang Ideal atau cara mengetahui berat badan ideal? Mungkin ada yg punya pertanyaan itu. Berat badan seseorang disebut Body Mass Index (BMI) yg diukur berdasarkan berat dan tinggi badan. Karna berat badan seseorang dibagi dalam empat jenis, yaitu: underweight, normalweight , overweight dan obeses..

Cara mengukur atau mengetahui berat badan kamu ini gak berdasarkan jenis kelamin / usia, pada berat badan wanita hamil, olahragawan dan anak-anak, karena mereka masih dalam tahap tumbuh-kembang.

Cara Mengukur dan Menghitung Berat Badan

Berikut Rumus perhitungan BMI:
# Berat Badan : (Tinggi Badan/100)2 #
» Contoh:
Kalo berat badan 50 kg dan tinggi badan 160 cm:
» BMI = 50 dibagi (160/100)2 = 50:2,56 = 19,53

Rumus Menghitung Berat Badan

»1. Underweight (Dibawah Normal): hasil dibawah 17
»2. Normalweight (Normal): hasil antara 18 - 24
»3. Overweight (Diatas Normal): hasil antara 25 - 29
»4. Obese (Jauh Diatas Normal): hasil diatas 30

Berikut penjelasan tentang berat badan menurut Body Mass Index (BMI):

Jenis Berat Badan

* Under weight (Dibawah Normal)

Underweight atau berat badan dibawah normal bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:
- Faktor genetik
- Mengalami penyakit tertentu (Diabetes)
- Kekurangan nutrisi, atau
- Mengalami gangguan pola makan (Anoreksia/Bulimia)

Agar berat badan bisa kembali normal, hal pertama yg harus dilakukan ialah mencari apa yg jadi penyebabnya, misalnya kalo ternyata orang tersebut mengalami anoreksia atau diabetes, gangguan tersebut harus disembuhkan lebih dulu.

* Normal weight (Normal)

Pertahankan berat badan yg normal dengan menjaga asupan. Konsumsilah protein, lemak dan karbohidrat secukupnya, perbanyak makan sayuran, buah, dan banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari.
Air amat dibutuhkan, karena 90% tubuh terdiri dari air. Dengan jumlah air yg cukup, lambung akan merespon dengan memberikan rasa kenyang, sehingga bisa membantu menekan selera makan.

Olahraga dan istirahat yg cukup juga diperlukan. Istirahat yg baik ialah dengan tidur nyenyak 5-8 jam di malam hari. Kalo kamu mendengkur saat tidur atau sering terbangun, artinya tidur Kamu kurang berkualitas. Hindari begadang karena justru akan membuat tubuh menjadi gemuk, karena metabolisme tubuh Kamu yg seharusnya beristirahat, malah bekerja.

* Overweight (Diatas Normal) dan Obesitas (Jauh Diatas Normal)

Kegemukan diawali dengan pola makan yg gak sehat, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan yg mengandung protein hewani (seperti daging merah) dan yg tinggi karbohidrat (seperti nasi, mi, dan pasta).
Lemak yg menumpuk, terutama di sekitar pinggang, bisa memicu banyak penyakit, seperti;
- Diabetes
- Tekanan darah tinggi
- Gangguan kolesterol, dan
- Asam urat
Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah yg akan memicu penyakit jantung koroner.

Kalo Kamu mengalami kelebihan berat badan, segera turunkan secara perlahan dan bertahap. yg paling penting adalah dengan menjaga pola makan, yaitu mengurangi karbohidrat, mengonsumsi lebih banyak serat, banyak minum air putih, dan berolahraga secara teratur.

Itulah penjelasan dan informasi tentang cara menghitung berat badan yang ideal. Sekarang kamu bisa tau, berat badan kamu itu dibawah normal / normal / diatas normal / malah jauh diatas normal? Semoga bermanfaat. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari berbagai sumber MeetDoctor.com, Yahoo.com dan Google.com.
Advertisement

Share This:

 
Top