Inilah Faktor² Penyebab Gigi Kuning

Advertisement
Faktor Penyebab Gigi Kuning - Beberapa orang mungkin ada yang punya masalah dengan "Gigi Kuning", sudah menyikat gigi tiap hari dan bahkan mungkin melakukan pemutihan gigi, tapi gigi masih terlihat kuning? Patinya membuat kurang percaya diri dan kurang nyaman. Mungkin bebeberapa penyebab gigi kuning inilah jawabannya.

Inilah Faktor Penyebab Gigi Kuning

Mungkin kamu bingung dengan gigi kuning, padahal selalu rutin menggosok gigi minimal 2x sehari. Sebelum mengatasi gigi kuning, ketahui dulu beberapa faktor penyebab gigi berwarna kuning berikut:

* Kebersihan Gigi dan Mulut
Kebersihan atau kesehatan gigi dan mulut yg buruk adalah penyebab utama gigi berwarna kuning. Banyak pendapat mengatakan bahwa gigi kuning bisa menyebabkan berbagai macam masalah, padahal kebersihan gigi dan mulut yg buruklah yg selalu jadi biang keladi dan sejumlah masalah gigi dan mulut, termasuk menyebabkan gigi berwarna kuning.

* Menyikat Gigi Setelah Makan yg Manis
Saking takutnya ada bakteri yg tinggal di gigi, maka kamu akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yg manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi.
Kalo kamu terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yg manis-manis.

* Obat Pemutih Gigi
Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi menjadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini gak sesederhana yg kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yg dikenakan di rumah, gak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.

* Kebiasaan Makan
Makanan dan minuman yg kita konsumsi bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi. Minuman seperti teh, kopi, dan soda mempunyai efek "mewarnai" gigi. Merokok dan mengunyah tembakau juga menyebabkan stain (warna) pada gigi oleh karena adanya akumulasi nikotin pada gigi.

* Terlalu sering Mengkonsumsi Teh Herbal
Menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal menjadi kebiasaan yg umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Tapi ternyata teh herbal ini membawa efek samping yg buruk bagi gigi. Mereka yg rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning.
Menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

* Minuman Berenergi
Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yg hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.
Berdasarkan studi yg dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yg terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

* Merokok
Rokok juga membuat gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Gak heran kalo mereka yg merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

* Membuka Kemasan dengan Gigi
Saking kuatnya gigi dan gak ada gunting di sekitar kamu, maka kamu memutuskan membuka kemasan dengan gigi kamu. STOP kebiasaan ini! Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini akan membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Ketika gigi rapuh, secara otomatis warnanya tidak akan sehat dan cenderung menguning.

* White Wine (Anggur Putih)
Mungkin berpikir bahwa anggur merah justru buruk untuk gigi, karena warna merahnya. Tapi ternyata anggur putih justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi, karena Anggur putih lebih cepat mengikis gigi,” ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals..

* Kandungan Klorin saat Berenang
Hasil studi yg dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning.
Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yg tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yg menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

* Efek dari Obat Mata
Mungkin kamu bingung, apa hubungan obat tetes mata dengan kuningnya gigi. Tapi obat tetes mata ini memang menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Kandungan kimia dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Di mana saliva akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat. Di sini bakteri akan berkembang biak lebih pesat, sehingga gigi menjadi kuning.

* Faktor Alami
Beberapa orang memang diciptakan dengan gigi berwarna kuning. Hal ini bukan suatu kelainan atau kecacatan. Sebenarnya sebagian besar dari permukaan terluar gigi (yg dinamakan email) manusia berwarna putih. Tapi, lapisan di bawahnya yg disebut "dentin" secara alami memang berwarna kuning.
Dalam beberapa kondisi, lapisan email yg gak mengalami mineralisasi dengan baik akan menyebabkan warna dentin menjadi jelas, sehingga tampaklah gigi tersebut berwarna kuning. Kamu gak bisa mengubah warna gigi alami ini kecuali kalo Kamu menggunakan metode pemutihan gigi.

* Faktor Penuaan
Kamu harus menerima kenyataan bahwa kuningnya gigi adalah bagian dari terjadinya penuaan yg alami. Tapi sebaiknya Kamu hati-hati pula dalam menjaga kebersihan. Selama jangka waktu tertentu, agen stain (bahan yg melekat pada permukaan gigi) bisa menimbulkan warna kuning pada gigi Kamu.
Semakin banyak agen stain yg melekat pada permukaan terluar (email) gigi Kamu, semakin warna putih (email) gigi Kamu tertutupi dan akhirnya warna kuning gigi akan terlihat.

* Penyakit Diabetes
Gak bisa dipungkiri bahwa penyakit yg satu ini memang menyumbangkan efek gigi kuning, rapuh bahkan keropos. Sayangnya, banyak penderita diabetes gak menyadari bahwa penyakitnya ini juga mempengaruhi keadaan giginya.

# Tips
Kalo Kamu mempunyai gigi yg berwarna kuning, jangan minder, karena ini gak berarti gigi Kamu lebih buruk dari gigi putih. Warna gigi tak mempengaruhi kesehatan. Poin penting yg utama adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apa gunanya gigi putih cemerlang kalo gak sehat?

Nah, itulah informasi tentang 14 faktor penyebab gigi kuning yang bisa kamu ketahui, mungkin itulah kenapa gigi kamu berwarna kuning. Selanjutnya cari cara mengatasi gigi kuning deh. Semoga bermanfaat. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari sumber Drg. Natalia Astina yahoo.com, copasilmu.blogspot.com, gaptekupdate.com dan google.com.
Advertisement

Share This:

 
Top