*Tips Memilih Makanan Untuk Kesehatan

Advertisement
Widyadara » Cara Memilih Makanan yang Sehat - Tips Memilih Makanan untuk Kesehatan Tubuh ~ Mempunyai tubuh yang sehat dan ideal adalah harapan setiap orang agar terhindar dari penyakit. Ingin mempunyai tubuh yang sehat harus bisa mengendalikan nafsu makan, untuk menjaga postur tubuh tetap ideal. Selain itu, mesti mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang kaya nutrisi dan juga rendah kalori.

Buat kamu yang ingin tubuh tetap sehat dan idel, perhatikan 10 tips dan cara memilih makanan sehat berikut:

Tips Memilih Makanan yang Sehat

* Makan Secara Teratur
Melewatkan jam makan malah akan membuat kamu susah mengontrol rasa lapar, dan ini mendorong kamu makan berlebihan. Saat kamu merasa sangat lapar, biasanya cenderung makan apa aja tanpa memperhatikan nutrisi. Ngemil di antara jam makan juga membantu mengurangi rasa lapar, tapi jangan banyak-banyak bisa-bisa kamu kebanyakan ngemil dan meninggalkan makan inti.

* Makan Dalam Porsi Cukup
Kalo kamu menjaga ukuran porsi makan secara layak, lebih mudah untuk menyantap makanan apa saja yang kamu suka dan tetap sehat.
- Porsi daging masak yang direkomendasikan hanya 3 ons.
- Seporsi buah dan satu mangkuk pasta dianggap sebagai porsi seimbang untuk menjaga kesehatan.
- Satu gelas es krim sama dengan makan 4 porsi.

* Pilih Makanan Seimbang
Tak semua jenis makanan harus 'sempurna.' Saat makan makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih makanan lain yang memiliki isi lebih rendah. Kalo kamu melewatkan beberapa jenis makanan dalam satu hari, ganti di hari berikutnya. Usahakan memilih makanan yang saling melengkapi gizi dan nutrisi dari hari ke hari.

* Kurangi Makan
Kalo makanan favorit kamu makanan berlemak, tinggi garam atau gula, kunci untuk tetap sehat adalah makan secukupnya dan seberapa sering kamu memakannya. Kenali isi dari makanan yang kamu makan dan buat perubahan, kalo itu memang diperlukan.
Gunakan panel fakta nutrisi di label makanan sebagai panduan. Pilih produk susu tanpa lemak atau rendah lemak dan kurangi makan daging. Kalo kamu penggemar ayam goreng, kurangi seringnya makan.

* Buat Perubahan Secara Berkala
Jangan berharap dapat mengubah pola makan kamu hanya dalam waktu semalam. Mulai lah dengan niat melakukan hidup sehat dan melakukan perubahan secara bertahap, dan bertahan untuk sepanjang hidup. Kalo kamu gak suka susu tanpa lemak, mulai lah dengan memilih susu rendah lemak, sampai suatu hari kamu mungkin akan menyukai juga susu tanpa lemak.

* Kenali Perangkap Makanan
Untuk memperbaiki pola makan, yang pertama harus kamu ketahui adalah apa yang salah dengan hal itu. Tulis setiap makanan yang kamu makan selama tiga hari. Lalu periksa daftarnya dan cocokan dengan semua tips di atas. Apa kamu terlalu banyak ngemil, atau terlalu banyak makan-makanan berlemak? Jangan meninggalkan makanan ini, hanya kurangi porsinya.

* Menjaga Berat Badan
Berat badan ideal kamu tergantung dari beberapa hal termasuk faktor jenis kelamin, tinggi, usia dan keturunan. Kelebihan berat badan mengurangi kelancaran aliran darah, mempertinggi kemungkinan terkena sakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker. Tapi terlalu kurus juga bisa meningkatkan resiko terkena osteoporosis, ketidaklancaran menstruasi dan masalah kesehatan lainnya.
Kalo kamu kehilangan berat badan dan jadi gemuk terus menerus secara bergantian, melakukan diet teratur dapat membantu kamu mengembangkan pola makan seimbang untuk memanajemen berat badan.

* Makanan Kaya Nutrisi
Kamu membutuhkan 40 jenis nutrisi berbeda untuk mendapatkan tubuh sehat, dan itu gak bisa didapatkan dalam satu jenis makanan. Makanan sehari-hari yang kamu santap kombinasikan dengan roti dan produk padi-padian lainnya. Lengkapi juga dengan buah-buahan, sayuran, produk susu dan daging, ikan dan makanan berprotein lainnya. Seberapa banyak makanan yang kamu butuhkan tergantung dari kebutuhan kalori.

* Jenis Padi-Padian Buah dan Sayur
Apakah dari 6-11 makanan yang kamu makan, mulai dari roti, nasi, sereal dan pasta, 3 di antaranya padi-padian penuh? Apa kamu memakan buah-buahan dan 3-5 porsi sayuran? Kalo kamu menjawab gak, mulai biasakan melakukannya. Untuk membuat makanan ini terasa lezat disantap, coba beli buku resep untuk memasak berbagai jenis sayuran.

* Tak Ada Makanan Baik Atau Buruk
Pilih jenis makanan sesuai dengan kebutuhan total kamu, bukan berdasarkan makanan yang 'baik' atau 'buruk.' Jangan merasa bersalah kalo kamu sangat menyukai makanan seperti kue pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Tetap makan apa yang kamu sukai, tapi ingat, secukupnya aja. Dan pilih makanan lain sebagai penyeimbang.

Dengan mengetahui berbagai Tips Sehat Memilih Makana yang Tepat diatas, bisa membuat kamu selalu sehat dan pastinya tetap makan enak. Perhatikan baik-baik tips memilih makanan sehat diatas dan semoga bermanfaat. Disalin Tips Kesehatan Widyadara sumber kapanlagi.com.
Advertisement

Share This:

 
Top