*Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Advertisement
Widyadara » Tips Sehat Secara Tradisional | Manfaat Pare Untuk Kesehatan. Mungkin banyak yg kurang suka dengan pare, karena rasanya yang pahit. Tapi mungkin kamu coba mulai menyukainya, karena ternyata banyak manfaat yang terkandung dalam pare. Sebuah penelitian membuktikan, ekstrak sayuran pare dapat membantu melindungi wanita dari kanker payudara.

Selain di Indonesia, Pare juga banyak terdapat di India, Cina dan Amerika Selatan, ekstraknya dapat digunakam sebagai obat tradisional untuk penyakit diabetes, karena kemampuannya menurunkan gula darah. Dan banyak lagi manfaat pare untuk kesehatan.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat pare untuk kesehatan yang lainnya yg bisa kamu ketahui:

*1 Mencegah Kanker Payudara
Menurut berbagai Penelitian, ternyata Pare memiliki khasiat "melawan sel kanker". Sebuah Penelitian di Jepang September 2003, menggunakan tikus sebagai binatang percobaan. Tikus-tikus diinjeksi sel kanker di dalam perutnya, lalu diberi ekstrak pare untuk mengetahui perkembangan sel kanker. Hasilnya, ternyata sel kanker tersebut berhenti berkembang. Khasiat dalam kandungan zat pare ini adalah "lesichin" dan zat lain yang berfungsi untuk mengaktifkan kerja kekebalan, berfungsi untuk melawan sel kanker. Khasiat ini gak hanya bagi orang yang udah terkena kanker. Bagi orang yang sehat pun dengan mengonsumsi pare dapat mencegah terkena kanker.

*2 Menurunkan Kadar Gula
Penelitian ini juga dilakukan pada beberapa ekor tikus yang diberi pemicu diabetes. Setelah itu, tikus-tikus diberi ekstrak pare lalu diukur gula darahnya. Hasilnya, kadar gula darah pada tikus-tikus itu turun secara bertahap. Penurunan kadar gula ini didapat karena hasil kerja dari zat yang memiliki kesamaan dengan insulin yang terkandung di dalam biji pare.

*3 Mengandung Serat, Vitamin C, Karotin dan Kalium
Serat bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan berfungsi untuk mengatasi sembelit. Karotin bekerja untuk menjaga kesehatan mata, karena dapat meningkatkan aktivitas mata dan mengatasi ataupun mengurangi keluhan rabun senja. Sedangkan kalium berfungsi untuk mengatasi pengonsumsian natrium berlebih sehingga berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

*4 Menjaga Kecantikan Kulit
Vitamin C yang terkandung di dalam 100 gram pare sekitar 120 ml. Vitamin C ini berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit, yaitu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan ultra violet. Itu berarti pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah. Selain itu pare juga dapat mengatasi terganggunya nafsu makan terutama pada saat udara terasa panas sehingga pare sangat cocok bila dimasak pada saat musim kemarau.

*5 Sebagai Anti Oksidan
Dari penelitian yang dilakukan di Jepang itu juga diketahui bahwa biji pare merupakan anti oksidan yang cukup kuat. Anti oksidan bekerja untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan luka pada sel dan menyebabkan pengasam, memicu pembentukan sel kanker, mempercepat penuaan, penyumbatan arteri, stroke, penyakit jantung dan lain-lain.

Itulah tips sehat tentang manfaat pare untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui. Kalau andao kamu masih kurang tertarik karena rasa pahit, kamu bisa merendam atau mencuci irisan buah pare pada air garam. Cara lain adalah membuat pare menjadi teh. Selamat mencoba. Disalin Tips Kesehatan Widyadara dari sumber Google.com
Advertisement

Share This:

 
Top