Tips² Saat Memberi Nama Anak Yang Baik

Advertisement
Widyadara™ ~ Tips Saat Memberi Nama Anak yang Baik: Sebuah keluarga baru biasanya kedatangan si buah hati alias anak, dan pastinya kalo punya anak memberikan sebuah nama. Memberikan nama buat anak bisa dibilang gampang-susah, karna kadang ada aja yang salah ngasih nama atau jadi beban buat si anak buat kedepannya. Jadi mesti hati-hati saat ngasih nama ke anak.

Buat anda dan para keluarga yg mempunyai anak baru dan ingin memberi nama kepada si buah hati tersayang, mungkin beberapa tips memberi nama anak yang baik berikut bisa diperhatikan.

Tips Memberi Nama Anak yang Baik

* Nama yang Mudah Dibaca dan Ditulis

Mungkin keliatan bagus dan keren, kadang ada aja yang ngasih nama anak pakai huruf mati (konsonan) yang dobel atau digandeng, misalnya: Nicky, Shelly, Christya, Thariy, dll. Keliatannya emang keren, tapi itu nyusahin orang Kelurahan. Karna biasanya sering terjadi kesalahan tulis nama saat pembuatan Akta Kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, dll oleh petugas keluarahan. Repot juga kan..

* Tau Arti Nama si Anak

Jangan memberikan nama hanya karena enak diucapkan atau enak dibaca dan dipanggil. Ketahui juga arti nama anak, karna bisa-bisa salah arti. Misalnya Nama Jalmowono yang sepintas enak diucapkan dan gampang kalo ditulis. Tapi taukah kalo Jalmowono itu artinya Orang Utan. Jadi mesti selektif dan tau arti nama dari si anak.

* Nama yang Mengandung Doa

Usahakan membuat atau memberi nama anak yang mengandung doa dan harapan baik buat orang tua. Karna sekarang banyak yg ngasih nama anak dengan kata doa. Tapi perlu diingat, jangan terlalu panjang dan berlebihan, nanti malah repot.

* Nama Lebih dari Satu Kata

Jaman sekarang membuat nama lebih bagus lebih dari satu kata, ada ama depan dan nama belakang, atau bisa nama keluarga (marga). Karna sekarang untuk membuat paspor dan visa atau akun-akun kebanyakan harus menggunakan nama lebih dari satu kata. Kasian juga yg punya nama cuma satu kata (contoh: parto, soeparjo, paryono, dll).

* Nama Jangan Terlalu Panjang

Walaupun lebih dari satu kata, tapi gak harus pake nama yang panjang juga. Gak enak juga kan kalo punya nama panjangnya kaya gerbong kereta api, misalnya: Putri Wulandari Mulianingsih Agustina Pramuji Setia Mekarsari Mewangi Sepanjang Hari...
Coba bayangin dah, pasti cape ngucapin dan cape ngingetnya kan.

* Abjad Huruf Pertama Nama Anak

Terkadang, abjad atau huruf pertama anak bisa menguntungkan dan juga merugikan. Misalnya Huruf pertama "A" pada nama anak. Gak enaknya kalo pas ada ujian/test/wawancara sering dipanggil duluan, gak sempet nanya-nanya sama temannya. Tapi kadang-kadang menguntungkan juga kalo ada pembagian biasanya dapet giliran pertama. Jadi sebaiknya ambil huruf pertama buat anak itu antara D sampai K.
Nah kalo Huruf depan Z? Itu selalu paling bawah dan terakhir dipanggil.

* Jangan Pakai Nama Artis

Biasanya ada aja yang ngasih nama anak seperti nama artis, kadang artis idola si orang tua. Nama artis emang bagus, dan lebih bagus lagi kalo artisnya berkelakuan baik. Tapi kalo si artis jadi bahan gosip dan melakukan tindakan melanggar hukum, kan nantinya jadi beban buat si anak. Lagian pakai nama artis itu tandanya anda gak kreatif dalam membuat nama.

* Jangan Pakai Nama Singkatan yang Aneh

Nama ini kadang masih diberikan buat nama anak. Jangan mempersulit anak dengan nama-nama yang sulit di-eja. Misalnya Nama Saklitinov, orang Sunda bilang aktinop, orang Jepang nyebutnya Sakuritino, atau orang Amrik bilang Sechlaytinove. Mungkin maksud nama itu adalah "Sabtu Kliwon Tiga November", tapi kan susah di eja dan aneh.

* Jangan Memberi Nama Kebarat-Baratan

Usahain jangan memberi nama anak dengan bergaya kebarat-baratan. Walaupun mungkin biar dibilang keren, tapi kan anak anda lahir Indonesia, masih banyak nama Indonesia yang gak kalah keren. Kalo misalnya nama barat, tapi mukanya melayu juga, takutnya nanti jadi membuat malu si anak atau malah orangtuanya.

Memberi nama ke anak itu memang susah-gampang yah, susah nyarinya, gampang ngeledekinnya. Tapi dengan mengetahui beberapa Tips Memberi Nama Anak diatas, semoga bisa membantu dan jadi inspirasi bikin nama anak. Karena nama akan disandang seumur hidup, jadi jangan sampe ngerepotin si anak dan si orang tua. Disalin Widyadara dari berbagai sumber google.co.id.
Advertisement

Share This:

 
Top