*Tips Berteman Baik Sama Mantan Pacar

Advertisement
Widyadara » Supaya Aman Berteman sama Mantan | Tips Berteman Baik sama Mantan Pacar: Putus cinta sama pacar terkadang emang bikin sakit dan patah hati, dan seringnya banyak yang gak bisa menerima atau belum bisa melupakan mantan pacar. Mungkin banyak yang berharap setelah hubungan pacaran atau cinta berakhir, ingin berlanjut ke hubungan "berteman aja".

Tips Berteman Baik sama Mantan Pacar

Tapi biasanya hubungan ini bisa berjalan baik dan terkadang selalu ada maksud lain di balik kata berteman aja. Nah, beberapa tips berikut bisa diperhatikan dan lakukan biar kamu bisa berteman baik sama mantan pacar kamu:

# Penyebab
Pelajari lagi kengapa hubungan Kamu sama mantan pacar harus berakhir. Penyebab putus cinta atau berakhirnya hubungan asmara bisa menentukan suksesnya hubungan pertemanan Kamu sama si mantan.
Kalo Kamu putus baik-baik karena gak sanggup menjalani hubungan jarak jauh, mungkin aja hubungan pertemanan bisa lebih baik. Tapi Kalo Kamu putus karena si mantan berselingkuh dan kini udah punya pacar baru, jangan-jangan Kamu menyimpan dendam tersembunyi untuk balas dendam. Kenali perasaan dan niat Kamu untuk menjalin pertemanan sama mantan. Kalo ada tujuan untuk merebut hatinya kembali atau maksud lain, sebaiknya lupakan kata-kata "berteman" dalam hubungan Kamu.

# Bahasa Tubuh
Si dia sekarang bukan pacar Kamu. Dia cuma teman biasa seperti teman Kamu lainnya. Perlakukan dia sama seperti teman Kamu lainnya. Artinya, segala bentuk perhatian lebih yg diwujudkan dalam bahasa tubuh seperti mencium, berpegangan tangan, atau memeluk sebaiknya gak dilakukan.
Bisa aja dia merasa gak nyaman sama perlakukan tersebut karena niatnya kembali berhubungan sama Kamu cuma berteman. Kalo belum bisa mengendalikan perasaan, sebaiknya hindari dulu ketemu sama mantan pacar kamu.

# Sabar
Kamu gak lagi berhak marah atau bahkan ngambek kalo dia datang sama orang baru. Kendalikan emosi dan pertebal kesabaran kalo masih ingin memiliki hubungan pertemanan dengannya. Jangan terlalu ambisius dalam hubungan Kamu. Sebagai teman, tentu gak perlu ketemu tiap hari atau bahkan seminggu sekali.
Jangan berharap dalam waktu singkat Kamu dan dia bisa memiliki hubungan senyaman Kamu sama teman lama. Kamu dan dia mungkin membutuhkan waktu yg lebih lama untuk menyesuaikan diri sebagai teman. Jangan pernah memaksakan diri atau memaksakan dia untuk menerima dengan cepat hubungan ini. Salah langkah, Kamu malah bisa kehilangan dia sebagai pacar sekaligus teman.

# Membuka Lembaran Baru
Jangan berteman sama mantan dengan harapan bisa mendapatkan cintanya kembali alias minta balikan sama mantan. Kalo hubungan Kamu udah berakhir, terimalah dengan lapang dada dan perbaiki diri biar gak mengulangi kesalahan yg sama.
Pelan-pelan, buka lembaran baru kehidupan Kamu. Gak ada salahnya membuka hati terhadap orang baru. Hubungan pertemanan bisa lebih mudah kalo Kamu dan dia udah sama-sama beranjak dari masa lalu.

# Butuh Bantuan Teman
Pada masa-masa awal, gak ada salahnya minta bantuan teman untuk mencairkan suasana. Kalo Kamu dan mantan punya teman yg sama, ajaklah mereka berkumpul bersama. Semakin banyak orang, Kamu jadi gak perlu terlalu fokus sama sang mantan. Teman juga bisa membantu mengingatkan Kalo Kamu melakukan tindakan yg bisa membuatnya kurang nyaman.

# Jangan Memicu Kenangan Masa Lalu
Usahakan gak mengunjungi tempat yg terlalu romantis atau bisa memicu kenangan lama. Hubungan pertemanan ini emang berbeda sama pertemanan biasa. Salah langkah, hubungan pertemanan ini bisa cepat berakhir. Kalo emang mau pergi berdua, pilih tempat-tempat dengan suasana yg netral dan gak memicu hal-hal yg membuat suasana jadi kaku atau aneh.

# Tutup dan Lupakan Masa Lalu
Kalo Kamu dan mantan udah memutuskan untuk berteman, maka kalian udah sepakat menutup rapat-rapat kenangan lama. Pembicaraan tentang masa lalu pada saat Kamu lagi berdua cuma akan bikin suasana gak nyaman. Gak perlu juga mengungkit-ungkit kesalahannya di masa lalu Kalo ada kejadian atau pembicaraan yg mengingatkan. Hal seperti ini akan membuat hubungan jadi gak nyaman dan malah berpotensi memicu konflik baru.

# Hargai Keputusannya
Kalo semua cara udah dicoba tapi Dia malah menjauh, hargailah keputusannya. Mungkin Dia merasa belum nyaman untuk berhubungan sama Kamu sebagai teman. Ada banyak cara untuk menjaga silaturahmi dengannya. Beri Dia waktu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan membuka lembaran baru. Jangan memaksakan dia untuk terus berhubungan sama Kamu kalo dia belum merasa nyaman. Bangun hubungan pertemanan secara pelan-pelan. Hubungi dia cuma pada saat-saat penting seperti hari raya atau ulang tahun untuk tetap menjaga hubungan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar hubungan pertemanan kamu sama mantan pacar bisa terjalin dengan baik. Semoga sedikit cara berteman baik sama mantan pacar diatas bisa bermanfaat buat kamu. Disalin Widyadara dari sumber yahoo.com.
Advertisement

Share This:

 
Top