Inilah Penyebab Dan Tahapan Patah Hati

Advertisement
Penyebab Patah Hati | Tahapan Patah Hati: Salah satu penyebab patah hati adalah karena putus sama pacar. Sebuah perpisahan cinta dengan seseorang yg disayang bisa menyebabkan luka yang ter-amat sakit dihati yg terjadi bertahap dan berkepanjangan.

Setelah putus cinta dan berpisah dengan kekasih pujaan hati, biasanya terjadi tahapan patah hati, sebuah perasaan sakit hati secara bertahap akan terjadi kalo abis putus sama pacar. Kira-kira seperti ini:

Penyebab dan Tahapan Patah Hati

1.) Kaget

Kaget adalah reaksi pertama yang kita alami ketika hubungan kita berakhir, kita langsung berpikir tentang hal selanjutnya yg akan terjadi. Kita jadi takut kesepian dan jadi galau karena udah terbiasa memiliki seseorang yg selalu ada di samping kita.
Tahap "kaget" ini bisa memakan waktu beberapa menit, minggu, bahkan bertahun-tahun.

* Dampaknya:
- Kamu jadi susah tidur
- Ngerasa kehabisan napas
- Panik
- Merasa gak karuan deh pokoknya

2.) Penyangkalan (Denial)

Reaksi selanjutnya adalah menolak kenyataan dan perasaan yg terjadi, dimana kamu masih menyangkal kejadian yg baru kamu alami. Rasanya kamu masih gak percaya dan belum bisa menerima kenyataan dengan apa yang terjadi.

* Dampaknya:
- Kamu masih sms/bbm selamat pagi, siang, sore, malam, udah makan belum, dll, tapi gak pernah dibalas
- Kamu masih merasa status status fb dan twitter yg kangen dan pujian pujian no mention itu ditujukan buat kamu

3.) Menyendiri (Alone)

Selanjutnya Kamu bakal menarik diri dari semua orang dan gak mau kemana-mana. Duduk menyendiri di pojokan kamar meluk bantal sambil megangin tissue (mewek). Tapi akhirnya kamu mengakui dan sadar kalo segalanya emang udah berakhir.

* Dampaknya:
- Sering mengasihani diri sendiri
- Sering berpikir atau bilang, "Gak akan ada lagi yg mau sama gue."
- Dan pastinya jadi lupa mandi!

4.) Kemarahan (Anger)

Pada tahap ini, kamu udah gak lagi sedih tapi marah. Kamu ngerasa diinjak-injak dan tiba-tiba kamu jadi kesel dan benci banget sama situasi yg nimpa kamu. Kalo ini hubungannya sama mantan, kamu jadi benci banget sama si mantan.

* Dampaknya:
- Kamu mulai membuang barang-barang pemberiannya
- Merobek fotonya
- Men-delete dia dari Facebook, Twitter, BBm
- Kamu sangat menyalahkan dia atas segala yg terjadi
- Dan kamu mulai menyusun banyak ide balas dendam di otak kamu

5.) Penawaran (Bargaining)

Ini adalah tahap dimana kamu merasa balas dendam kamu gak ada gunanya, terus kamu mulai ganti strategi, yaitu dengan berusaha jadi seseotang yg lebih baik (Lebih baik karena ada maunya).  Dengan harapan dia bisa melihat perubahan kamu dan si mantan mau balikan lagi.

* Dampaknya:
- Kamu lakukan dengan cara berdoa
- Kamu merasa bersalah alsan putus karena kesalahanmu
- Merubah penampilan dan perilaku yang diharapkan mantan
- Kamu mulai membandingkan dirimu dengan orang lain yang lebih cantik/ganteng dan berusaha menjadi seperti dia.
- atau kamu bisa juga "mengemis cinta" pada si mantan

6.) Deperesi (Depression)

Kamu mulai merasa terlalu sedih, bangun tidur pun rasanya sulit dan hidup rasanya udah gak berarti. Sampai ngerasa males untuk beraktifitas seperti biasa. Cadangan rasa bahagia kamu udah habis, karena gak ada orang yg sayang dan peduli sama kamu lagi. Kamu sering nangis gak jelas, lupa cara tersenyum dan tertawa.

* Dampaknya:
- Gak doyan makan atau sebaliknya makan terus sampe buncit
- Susah tidur
- Gak konsen mengerjakan apa-apa
- Maunya sendirian aja di kamar, matiin lampu, tidur menghadap tembok. Tau-tau udah 3 hari berlalu dan Kamu udah bau.

7.) Penerimaan Diri (Menerima Kenyataan - Acceptance)

Akhirnya kamu akan mengerti kenapa dulu kalian bersama tapi sekarang udah gak lagi, jadi kamu terima aja keadaan kayak gini. Kamu mulai menjalani kehidupan kamu seperti biasa, mulai punya pengharapan lagi akan masa depan, matahari mulai bersinar lagi, sudah melupakan masa lalu sama mantan, dan kamu mulai mencintai dirimu lagi.

* Contoh kasus :
- Kamu bangun pagi
- Lihat matahari dan tiba-tiba aja merasa semua bisa dijalanin
- Udah tau cara tersenyum lagi :)

Penjelasan tentang Tahapan-Tahapan Patah Hati diatas pasti pernah dialami kamu saat terjadinya perpisahan dengan seseorang yg kamu sayang. Penyebab patah hati karena putus sama pacar yang bikin bete, galau, dan gak ngenakin banget. Disalin Widyadara dari berbagai sumber. Baca juga Tips Mengatasi Patah Hati.
Advertisement

Share This:

 
Top